Merawat Sepatu Yang Telah Basah Saat Musim Hujan



Beberapa hari terakhir, banyak orang seringkali mengeluhkan musim hujan yang mulai perlahan datang. Setelah siang hari yang mendung pergi, hujan umumnya segera turun serta membuat Anda tidak siap dan menjadi lepek atau basah kuyup di jalan. Jika sudah begini, bukan hanya masalah kepala hingga tubuh, yang kadang kita masih bisa selamatkan menggunakan payung atau jas hujan. Tetapi bagaimana nasib sepatu yang sedang Anda gunakan? Bayangkan, sepatu yang Anda cintai selama musim kemarau lalu, sekarang harus rela berkubang dengan air hujan dan genangan becek. Karenanya, untuk ngejaga sepatu Anda semuanya aman dari serangan kebasahan air hujan, berikut panduan yang mungkin saja dapat diikuti:

Sedia Perlengkapan Sebelumnya Hujan
Ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi sepatu dari kerusakan saat musim hujan. Yang pertama, pastinya yaitu mencegah. Yang ke-2, baru perbaikan. Masalah mencegah, ada tiga hal yang dapat dilakukan sebelum sepatu terkena air hujan. Pertama dan paling sederhana, bawa sandal jepit kemana saja. Bila memiliki biaya lebih, dapat menggunakan jas sepatu. Selain melindungi sepatu, pemakaiannya juga sangat mudah. Bila Anda miliki biaya yang lebih besar lagi, Anda dapat membeli water repellent. Manfaatnya untuk melapisi sisi sepatu agar tidak basah. Jadi systemnya, seperti pelapis anti air. Setelah disemprot, sepatu Anda dapat tahan air selama seminggu.


Bila Telah Basah
Bila tiga hal yang ada di step pencegahan itu terlanjur lupa dilakukan, ada banyak hal yang dapat dilakukan agar tidak membuat sepatu Anda semakin rusak akibat terkena basah. Kalau telah terlanjur basah, sepatunya harus tetap dicuci. Air hujan itu memiliki kandungan asam, oleh karenanya, sepatu mungkin saja menjadi tidak enak baunya. Sepatu yang telah terlanjur basah itu cukup di rendam di air bersih serta tidak memakai detergen. Setelah sepatu usai di rendam, Anda dapat mengeringkannya dengan memakai panas dari sinar lampu, kipas angin, hair dryer, atau gunakan kertas. Jangan memercayakan cahaya matahari karena panas dari matahari dapat membuat gosong sepatu dan juga menjadi keras.


Bila Telah Kering

Bila telah kering tetapi sepatu masih berbau tidak enak, kita dapat menyingkirkan baunya dengan memakai kopi, beras, atau baking soda. Kopinya di taruh kedalam tisu, lalu tisunya dimasukan kedalam sepatu. Kopi jangan disebar kedalam sepatu. Tidak semua sepatu dapat dicuci menggunakan langkah simpel seperti itu. Cara tersebut hanya berlaku untuk sepatu-sepatu memiliki bahan kanvas saja. Sepatu berbahan seperti suede, atau sneakers yang memerlukan perawatan spesial, kita memerlukan cairan pembersih spesial untuk sepatu.


Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment