Sifat - Sifat Gas H2S

Gas H2S atau hidrogen disulfida ialah gas yang sifatnya sangat beracun,tidak terlihat dan dapat meledak, lebih berat daripada udara. Gas ini mempunyai bau yang menyengat seperti telur busuk dan pada konsentrasi tinggi dengan cepat membunuh syaraf penciuman, karena tidak dapat bergantung pada indera penciuman untuk mendeteksi keberadaan gaas H2S. Toko sepatu safety di glodok menjual berbagai macam perlengkapan safety.

Gas H2S merupakan hasil degradasi zat organik binatang atau tanaman dan tidak terbatas pada tempat tertentu saja. Gas dapat ditemukan dimana saja pembusukan organik terjadi dan merupakan suatu bahaya serius terhadap kesehatan para pekerja dalam operasi pengeboran minyak, kilang, industri petrokimia, peternakan, perikanan dll.

H2S sangat berbahaya bila terbakar atau meledak, bila terjadi segera lakukan upaya penanggulangan. Menghentikan aliran gas dengan segera sambil menyemprotkan air pada petugas yang melakukannya. Bahaya bila silinder yang mengandung H2S terbakar sebab gas dapat meledak. Para pemadam kebakaran harus memakai alat bantu pernafasan dilengkapi penutup wajah dan memakai perlengkapan perlindungan personal.

H2S stabil pada kontainer yang tertutup, dan bertekanan pada temperatur kamar pada kondisi penyimpanan normal. H2S tidak mengalami reaksi polimerisasi yang berbahaya. Ketidaksesuaian kimiawi : H2S sangat reaktif, dan berbahaya jika bereaksi dengan pengoksidan kuat, asam nitrit, sodium, sodium peroksida, acetaldehid, tembaga. Kondisi yang harus dihindari : Hindari sumber api dalam bentuk api, bara, bunga api listrik atau panas yang berlebih sebab gas H2S sangat mudah terbakar.
Karateristik gas H2S dapat diperhatikan sebagai berikut :
Sangat beracun dan mematikan
Tidak berwarna
Lebih rendah dari udara sehingga cenderung berkumpul dan diam pada daerah yang rendah
Mudah tertiup dan dihamburkan oleh udara dan angin
Sangat mudah terbakar dan membentuk gas yang dapat meledak apabila tercampur dengan udara atau oksigen
Bila terbakar menyala dengan warna biru dan hasil pembakarannya berupa gas sulfur dioksida (SO2) yang juga merupakan  gas beracun
Pada konsentrasi rendah berbau seperti telur busuk dan sering melumpuhkan indera penciuman manusia

Sangat korosif sehingga mengakibatkan karat pada logam
Gas H2S lebih mematikan daripada gas CO dan sama beracunnya dengan gas hidrogen sianida (HCN)


Previous
Next Post »
Thanks for your comment