Langkah Jitu Membersihkan Sepatu Olahraga Supaya Tetap Awet

Hasil gambar untuk Membersihkan Sepatu Olahraga

Beberapa tahun terakhir tren olahraga memang lagi naik daun. Banyak aktivitas seperti color run, yoga, maraton, maupun triathlon diadakan saat akhir pekan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta olahraga. Meningkatnya aktivitas fisik yang kita kerjakan, harus disertai juga dengan perawatan peralatannya. Salah satu yang perlu hati-hati dalam melindungi keawetannya yaitu sepatu.

Bersihkan sepatu memang tidak bisa asal-asalan. Salah sedikit dalam memakai tools atau sabun, dapat bikin sepatu luntur atau bahkan juga rusak. Walau sebenarnya sepatu berolahraga sering terserang panas, keringat, dan debu hingga memerlukan sentuhan ekstra dalam membersihkannya. Agar sepatu tetaplah awet, pakai cara berikut untuk bersihkan sepatumu :

1. Bersihkan Tali Sepatu 

Agar dapat terjangkau sisinya saat dibersihkan, bebaskan tali sepatu dan sisihkan. Ada 2 langkah yang dapat kita kerjakan yakni membersihkan dengan mesin pencuci atau manual dengan tangan. Untuk mesin pencuci, masukan tali sepatu kedalam laundry bag untuk melindungi struktur.

Sedang pembersihan dengan tangan dapat dilakukan lewat cara,

  • Rendam tali sepatu ke air diterjen selama 10 menit.
  • Bila telah, angkat dan kucek bagian kotor dengan cara perlahan-lahan.
  • Basuh dengan air keran sampai busanya hilang. Lalu jemur ditempat sejuk dan tidak terkena matahari langsung. 

2. Bersihkan Sepatu 

  • Bila sepatu safety kita kotor karena lumpur, biarlah kering terlebih dulu sebelumnya dicuci. Bila telah, benturkan sepatu sampai debu dan kotoran terlepas baru lalu kita sikat sepatu.
  • Untuk bagian yang kotor, kita dapat membersihkannya dengan pasta gigi yang ditempatkan di spot itu lalu gosok dengan sikat dengan cara perlahan-lahan. 
  • Bagian lain dapat bersihkan dengan air sabun memakai sikat atau lap dan menggosoknya pelan-pelan.
  • Menghilangkan sisa sabun sampai bersih dengan handuk atau kain bersih.
  • Keringkan di daerah teduh dan janganlah dibawah matahari segera. 

3. Membersih Sol 

Bagian ini memang harus hati-hati dalam bersihkan karena perlakuan yang salah akan bikin sol rusak dan lem terkikis. Untuk menyingkirkan kotoran membandel, bersihkan sol dengan sikat dan lap yang telah di celupkan ke air diterjen. Gosok perlahan-lahan agar lem tetaplah terbangun dan lalu lap dengan kain basah. Paling akhir, biarlah sol jadi kering dengan cara alami, karena cahaya matahari dapat bikin sepatu jadi kaku dan menyingkirkan zat perekat.

Baiknya sepatu safety jakarta dicuci pagi hari agar cepat kering dan tidak mengakibatkan bau karena lembab. Hal-hal lain yang perlu di perhatikan yaitu bahan dari sepatu olah raga kita. Sepatu memiliki bahan kanvas dapat mengaplikasikan cara diatas dengan baik, sedang bahan lain seperti suede harus memperoleh perlakuan khusus.

Setelah kering, janganlah lupa menaruh sepatu kita dengan benar karena nyatanya keawetan sepatu dapat juga ditetapkan dari sini.

  • Longgarkan tali sepatu agar aliran hawa berjalan dengan baik.
  • Jauhi memasukkan kaus kaki kedalam sepatu karena akan mengakibatkan sepatu lembab dan bakteri tumbuh di dalamnya.
  • Paling akhir, ketika sepatu telah kering, masukan bola-bola koran untuk menyerap kelembapan dan melindungi bentuk sepatu.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment